Pendidikan Penghambat Dapat Kerja????

Teringat dulu saat masih kecil, ibu sering memberi arahan agar saya belajar yang rajin, sekolah yang tinggi agar mudah dapat pekerjaan. Sebagai seorang anak yang tidak mengenal dunia kerja, saya berpikir kalau bisa sekolah yang tinggi saya pasti dapat pekerjaan mudah dan mudah pula dapat uang. Sungguh pemikiran polos kala itu.

Mungkin bagi sebagian orang, pemikiran seperti tadi adalah pemikiran yang rasional dimana tinggi pendidikan berbanding lurus dengan medahnya mendapatkan kerja. Semakin tinggi pendidikannya maka semakin mudah pula mendapatkan pekerjaan. Setujukah anda dengan pendapat ini?

Saya bukan seorang peneliti dalam hal ini. Dan saya juga belum mendapatkan artikel, jurnal atau hasil penelitian dalam hal pendidikan dan pekerjaan. Tetapi dari pengamatan yang saya lakukan, justru berbeda. Dalam pengamatan saya, semakin berpendidikan rendah maka semakin mudah mendapatkan pekerjaan.

Saya tidak tahu apakah anda setuju atau menolak pemikiran saya ini, tapi saya rasa inilah fenomena yang ada sekarang ini. Coba kita tengok beberapa orang disekitar kita. Banyak orang berpendidikan tidak mempunyai pekerjaan. Orang yang bergelar sarjana bahkan paling mudah mendapatkan gelar pengangguran.

Mungkin memang perlu dilakukan penelitian tersendiri dalam hal ini. Tentunya agar dapat memberikan bawaban yang tepat dan pasti. Akan tetapi perlu kita berpikir dengan jalan pikiran lain. Jalan pikiran yang berbeda dan mungkin berlaawanan dengan kemauan kita. Dan coba tanyakan dalam diri ini, masihkah pekerjaan menjadi alasan dalam pendidikan.

Tinggalkan komentar