Waspada!!! Penipuan Bermodus Tes Interview Merajalela

Stan Di Jobfire
Stan Di Jobfire

Banyaknya situs di dunia maya yang memberikan info lowongan pekerjaan tak selamanya memberikan kemudahan. Bahkan alih-alih bermaksud untu mencari pekerjaan justru bisa terjerat tipu daya oknum yang tak bertanggung jawab. Modusnya pun beragam, mulai dari yang hanya meminta beberapa uang sebagai iuran tes masuk hingga penipun agen trefel dengan dalih tes interview.

Bermodalkan Ijazah yang ada kami pun mencoba untuk ikut mendaftar dalam bursa calon tenaga kerja yang banyak tersebar didunia maya. Dan lowongan pekerjaan yang membuat kami tertarik adalah lowongan dari PT. Chevron Pacific Indonesia. Selain nama besar PT. Chevron yang bergerak di bidang perminyakan yang banyak di incar tentu juga kami melihat banyak sekali posisi yang ditawarkan. Akhirnya kami memutuskan untuk mengirimkan email yang berisikan lamaran pekerjaan lengkap dengan semua yang disyaratkan disana.

Persyaratan yang tidak spesifik sesuai dengan bidang yang di butuhkan
Persyaratan yang tidak spesifik sesuai dengan bidang yang di butuhkan

Hal yang perlu dicurigai dalam mengirim lamaran online salah satunya adalah alamat email. Pada loker tersebut tertuliskan alamat email “rekrutmen.cpi@gmail.com”. Ini memang tidak salah akan tetapi untuk perusahaan sebesar Chevron tidak mungkin menggunakan jasa email gratisan seperti Gmail (email milik google). Kami pun sempat mengunjunggi situs resmi PT Chevron Pacific Indonesia. Dan apa yang kami curigai benar adanaya.

Email resmi menggunakan @chevron.com
Email resmi menggunakan @chevron.com

Hari sabtu kami mengirimkan email lamaran dan pada hari senin kami mendapatkan email balasan sekaligus pemberitahuan melalui sms. Berkas yang kami terima berbentuk docx (file yang biasa digunakan dalam Microsof word) berjumlah 5 lembar. Kami telah meng convert file berbentuk docx tersebut ke bentuk jpeg dan meng upload agar lebih mudah.

Surat Panggilan Tes Seleksi Calon Karyawan PT Chevron Pacific_001Surat Panggilan Tes Seleksi Calon Karyawan PT Chevron Pacific_002Surat Panggilan Tes Seleksi Calon Karyawan PT Chevron Pacific_003Surat Panggilan Tes Seleksi Calon Karyawan PT Chevron Pacific_004Surat Panggilan Tes Seleksi Calon Karyawan PT Chevron Pacific_005

Surat panggilan peserta tes tersebut sangat lengkap, mulai dari halaman panggilan yang ditandatangani oleh direktorat sumberdaya mineral lengkap dengan materai, jadwal sleksi dan tahapan seleksi, hingga tatacara penjemputan. Dari sini kita mulai dapat melihat dengan jelas modus penipuan ini. Dengan alasan untuk mempermudah, para pelamar diharuskan untuk melakukan reservasi tiket dengan agen tour yang mereka tunjuk yaitu Nusantara Tour & Travel.

Dalam keterangannya, semua biaya akomodasi ditanggung oleh para pelamar yang nantinya akan digantikan seluruhnya oleh pihak Chevron. Tentunya ini kabar baik karena nanti para pelamar bisa naik pesawat dan tinggal di hotel tanpa bayar uang sedikitpun. Tapi ini akan menjadi kabar buruk bila anda mencoba untuk menjalaninya. Ya, ini adalah modus baru untuk mencari keuntungan dari mereka yang lengah karena keinginan untuk mendapatkan pekerjaan. Sebagai logikanya, tidak mungkin sebuah perusahaan dengan mudahnya mengeluarkan begitu banyak uang hanya untuk mencari calon pekerja yang belum terlihat kompetensinya.

Karena penasaran kami mencoba untuk mengecek keberadaan Nusantara Tour & Travel melalui bantuan mesin pencari Google dan ternyata tak sulit untuk menemukannya. Setelah sejenak membuka dan melihat-lihat ternyata kami tidak menemukan nama dan nomer telephone yang dicantumkan dalam surat panggilan wawancara yang kami terima. Dalam surat panggilan itu kami diharuskan menghubungi pihak Nusantara Tour & Travel bagian tiket bernama Muh.Arief  Ramdhani dengan nomer telephone 08231877779. Nama dan nomer itupun tidak tercantum dalam situs resmi Nusantara Tour & Travel. Hal ini membuat kami semakin yakin bahwa ini adalah penipuan dengan mencatut nama besar berbagai perusahaan.

Tingginya pencari kerja yang semakin hari semakin bertambah nampaknya membuat mata pencaharian baru bagi sebagian kalangan. Bukan nilai positif yang mereka berikan tapi malah mencari kenuntungan dari kesulitan yang di derita orang lain. Para penipu ini juga semakin hari semakin pandai dalam mengelabui calon sasarannya. Lihat saja surat panggilan yang kami terima. Tidak mudah untuk mendisain surat panggilan menarik seperti yang kami terima. Meskipun jika kita jeli melihat kadang-kadang kita akan menemukan gaya menulis yang tidak sesuai dengan kaidah yang ada tapi perlu diacungi jempol atas kemampuan yang dimiliki penulis surat panggilan itu.

Sedikit tips bagi para pemburu pekerjaan yang memanfaatkan situs online, ketika mendaftar jangan lupa lihat ke situs asli perusahaan yang ada. Lihat apakah disana perusahaan tersebut sedang membuka lowongan atau tidak. Meskipun sedikit yang di tawarkan tapi anda juga harus mencoba mencari lowongan lewat situs milik Universitas-universitas yang ada. Karena basanya pihak Universitas hanya mengijinkan perusahaan yang benar adanya saat mencantumkan lowongan di situs mereka. Jangan mudah tergiur dengan tawaran gaji yang begitu besar karena itu adalah modus yang paling banyak digunakan.

Kemudian jika menemukan kejanggalan jangan malu untuk bertanya kepada teman yang dianggap lebih tahu. Anda juga dapat mencari referensi dari dunia maya melalui situs pencari Google untuk menemukan kebenarannya. Dan yang terakhir meskipun anda begitu menginginkan pekerjaan itu tapi sebaiknya anda berlatih untuk mengandalikan keinginan itu. Hal ini sangat penting untuk menjaga diri anda agar tidak mudah terjebak dengan bujuk rayu pihak yang tidak bertanggung jawab.

27 respons untuk ‘Waspada!!! Penipuan Bermodus Tes Interview Merajalela

  1. Iya.. benar banget… sebelumnya aku juga sudah mengalami hal yang sama. Dan caranya persis sekali jangan sampai tertipu.. kemarin mengatasnamakan PT Angkasa Pura.. Pokoknya buat teman – teman yang lagi nyari kerja hati-hati deh.. selektif dalam memilih lowongan kerja yang terpercaya, baiknya langsung buka web perusahaan yang bersangkutan.

  2. thanks berat buat infonya, barusan aku dapat email yang isinya surat panggilan interview dari PT.Chevron. untung langsung googling dan menemukan note ini 🙂 Alhamdulillah

  3. sama saya bru aja ketipu 5 juta malahan anehnya kalo ane tiketnya dikirim lansung dr lion airnya jadi dilema dan bet

  4. hahaha., anehnya aku tiap hari nich dapat email dan sms panggilan interview chevron, semoga chevron beneran nanti yg kita dapat. 🙂

  5. Baru saja saya mendapat email panggilan interview dari chevron dan isinya sama persos seperti contoh di atas untungnya ada posting ini alhamdulilah membanti banget untung gak ketipu

  6. barusan saya mendapat email seperti itu juga, karena ada yg janggal interview harus menginap juga makanya saya berusaha mencari kebenaran dan alhamdulillah mendapat postingan ini, terimakasih postinganya.

  7. Bagaimana kita bersama-sama mengusut kasus ini hingga ke ranah Hukum,supaya tidak ada korban yang merasa dirugikan lebih banyak lagi.krn sy juga adlh salah 1 korban tp blm sempat mengeluarkan biaya.

  8. allhamdulillah untung saya googling dulu,, dalam waku 4 hari saya kirim email 2 kali 22 dapet blsn panggilan intervew tp suratnya berbeda,karena ragu saya cari keabsahannya ternyata eh ternyata MODUUUS..tq gan sangan bermanfaat postingannya.

  9. Alhamdulillah sangat membantu, hampir saja saya mau berangkat tes hari selasa ini,,
    tapi pas googling lihat postingan ini .. Trims,,,

  10. terimaksih atas semua informasinya,sangat membantu sekali,
    karena hari ini saya dapat panggilan seperti itu,,,,,,itulah modus penipuan….

Tinggalkan komentar