Prosedur Penyamaan Nomor Polisi Kendaraan

IMG-20141007-00267

Tidak banyak yang mengetahui terkadang dijumpai nomor polisi kendaraan berbeda antara yang tercantum di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan yang tercantum di BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor). Kemudian baru tahu bahwa nomor polisi berbeda berbeda ketika meneliti STNK dan BPKB disaat jual beli kendaraan. Atau bahkan ditolak untuk pembayaran pajak kendaraan ketika tiba masa pergantian plat nomor kendaraan lima tahunnan.

Nomor Kendaraan di STNK
Nomor Kendaraan di STNK
Nomor Kendaraan di BPKB
Nomor Kendaraan di BPKB

Sebenarnya perbedaan yang terjadi antara nopol (nomor polisi) yang tercantum di STNK dan di BPKB wajar terjadi. Kususnya jika kendaraan sudah pernah melakukan pergantian plat nomor kendaraan karena jual beli kendaraan atau pergantiap periodilk 5 tahunnan. Perubahan ini biasanya terjadi karena perubahan kode wilayah pada masing-masing daerah. Jika anda medapati hal semacam ini maka anda perlu melakukan penyamaan nopol.

Untuk melakukan penyamaan nopol cukup mudah dan anda dapat melakukannya sendiri. Anda cukup datang ke SATLANTAS (satuam lalu lintas) dikota anda dan menuju bagian pengurusan BPKB. Disini kami melakukan penyamaan nomor polisi di Satlantas Purworejo. Jangan lupa STNK dan BPKB asli dibawa serta.

Langkah selanjutnya yaitu dengan menunjukkan STNK dan BPKB yang berbeda nopolnya kepada petugas. Anda cukup mengatakan kepada petugas bahwa telah terjadi perbedaan nopol kendaraan yang tertera antara di STNK dan BPKB. Selanjutnya petugas akan segera memprosesnya. Tidak banyak waktu yang diperlukan untuk melakukan prosedur penyamaan ini. Kami hanya mencatat kurang lebih 15 menit, dalam hal ini keadaan tidak antri. Untuk biayanya sekitar Rp. 50.000,00 yang mungkin akan berbeda di tiap-tiap tempat.

Penyamaan Nomor Kendaraan di BPKB
Penyamaan Nomor Kendaraan di BPKB

Hasil dari penyamaan nopol kendaraan akan tercatat di BPKB bagian paling belakang. Disana dijelaskan riwayat perubahan nopol kendaraan. Mulai dari dasar perubahan, tanggal, hingga nopol kendaraan yang dulu dan perubahannya.

12 respons untuk ‘Prosedur Penyamaan Nomor Polisi Kendaraan

    1. Masalah sepertinya baru muncul pada saat BPKB di gunakan, misal ketika perpanjangan 5 tahunan, jual-beli kendaraan. Tapi untuk pajak tahunan sepertinya tidak akan ada masalah

  1. stnk motor saya sudah di ubah identitas / nopol plat motor . di stnk sudah berubah
    nopol tetapi blm tercatat di bpkb . kira” kena biaya berapa untuk mengurus nya

Tinggalkan komentar