Baju Batik Tulis

image

Untuk ide usaha kali ini masih seputar pakaian. Jika ide usaha sebelumnya tentang jasa “Jahit Online”, maka untuk kali ini adalah “Baju Batik Tulis”. Usaha “Baju Batik Tulis” ini juga dapat dilakukan melalui online. Jadi dapat menghemat waktu dan biaya.

Siapa yang tidak mengenal baju batik. Baju yang dulunya hanya di pakai untuk acara non formal kini tak lagi sebatas itu. Saat ini batik biasa digunakan baik pada acara formal maupun nonformal. Bahkan mungkin menjadi pakaian yang wajib dimiliki oleh beberapa orang.

Dahulu batik di gambar melalui secarik kain sehingga dinamai batik tulis. Meskipun kini telah bermunculan berbagai jenis dan bermacam-macam batik dengan berbagai teknik pembuatan, namun batik tulis tetap mampu hidup. Bahkan teknik pembuatannya yang tidak semudah batik cap maupun sablon yang cepat dan evisien, justru membuat batik tulis menjadi eksklusif untuk di miliki. Tak jarang kain ini menjadi bahan adu gengsi bagi sang empunya.

Nah ide bisnis kali ini merupakan gabungan dari pakaian jadi dan batik tulis. Sebenarnya ide ini terilhami dari ide sepatu lukis. Jika biasanya pada batik tulis pembatik menuangkan tinta pada lembaran kain maka untuk “Baju Batik Tulis” pembatik langsung membatik pada pakaian. Tentu saja sebelumnya membuat motif terlebih dahulu pada pakaian yang akan dibatik.

Persiapan Awal

Untuk menjalankan bisnis “Baju Batik Tulis”, tentu saja anda harus mempunyai kemampuan untuk membatik pada kain. Anda juga dapat bekerja sama dengan beberapa pembatik untuk ikut serta dalam bisnis anda jika anda tidak mampu membatik sendiri atau tidak mempunyai keahlian membatik. Anda juga membutuhkan pakaian siap jadi polos sebagai lembaran untuk membatik nanti.

Pada tahap awal, sebaiknya untuk usaha ini disediakan pakaian siap jadi dengan berbagai ukuran. Sebagai bahan dasar sebaiknya digunakan pakaian polos tanpa gambar. Bahannyapun sebaiknya disediakan dengan kualitas menegah keatas. Hal ini untuk menjaga kualitas dari batik tulis yang eksklusif, menskipun kedepannya dapat disediakan dengan berbagai kualitas bahan pakaian. Untuk kedepannya sebaiknya disediakan pula jasa jahit pakaian. Ini untuk menampung pemesan atau pelanggan yang menginginkan pakaian sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuhnya. Selain itu dengan tersedia jasa jahit pula dapat menanggulangi keinginan pemesan yang menginginkan disain baju yang berbeda dari pasaran.

Selanjutnya untuk motif dari batik sendiri sebaiknya disediakan berbagai sample. Kemudian pelanggan diberikan kebebasan untuk memilih motif batik yang disediakan untuk nantinya di gambar pada pakaian yang di pesan. Akan sangat menarik jika pelanggan juga diberi kebebasan untuk mendisain sendiri motif batik. Dengan mendisain sendiri motif batik tentunya akan menambah ke eksklufan dari pakaian itu. Tentu sebaiknya meskipun pelanggan mampu mendisain motif sendiri akan sagat arif jika disain motif tersebut diaplikasikan dengan software komputer sehingga akan terlihat hasil dari pakaiannya nanti. Ini akan membantu para pelanggan untuk melihat preview hasil pakiannya nanti. Sehingga jika terdapat kekurangan dapat disempurnakan sebelum di gambar kedalam pakaian secara langsung.

Tahap Lanjut
Pada tahap yang lebih tinggi lagi dengan sedikit kemampuan melukis yang dipadukan kemampuan membatik, ditawarkan “Baju Batik Tulis” -lukis.  “Baju Batik Tulis” lukis ini adalah baju yang dibatik atau ditulis dengan motif lukisan. Jadi pelanggan dapat memesan lukisan foto dirinya, lukisan pemandangan, kata-kata mutiara dan lain sebagainya. Lukisan-lukisan ini nanti akan di gambar ke baju secara langsung dengan cara membatik. Mungkin magna batik akan hilang dengan “Baju Batik Tulis” lukis ini, namun di sisi lain ini akan menjadi kepopuleran baru mengingat tren masa kini mengarah pada ke eksklusifan suatu barang. Sehingga “Baju Batik Tulis”-lukis akan cocok dengan kondisi tren masa kini. Selain itu, tren masa kini bergerak pada seni lukis pada berbagai barang, mulai dari sepatu, tas, dan lain sebagainya.

Demikian tentang ide bisnis tentang “Baju Batik Tulis”. Membatik memang bukan hal yang mudah. Bahkan karena tingkat kesulitannya, harga dari kain dengan motif batik cukup mahal. Namun kita tahu bahwa ukuran kain batik cukup besar. Tentu berbeda dengan pakaian jadi yang ukurannya lebih kecil. Bahkan pelanggan dapat memesan pakaian yang di batik hanya pada bagian tertentu saja. Akan sangat menarik lagi dengan “Baju Batik Tulis”-lukis dimana pelanggan dapat memesan lukisan dirinya, pemandangan atau tulisan yang akan di tulis ke pakaian dengan cara membatik. Meskipun akan merusak magna batik itu sendiri, tetapi ini akan memunculkan tren baru tentang baju lukis yang di batik. Semoga ide ini dapat menjadi pengetahuan baru bagi anda.

Tinggalkan komentar