BIJAK MEMILIH ANTI NYAMUK

image

Anti nyamuk telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tentu karena nyamuk merupakan binatang yang cukup dekat dengan kehidupan manusia. Meski darah yang dihisap tidaklah banyak, namun tentu rasa gatal dan suara bising cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan tak jarang gigitannya memindahkan bibit penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita.
Banyak produk-produk pilihan yang dihadirkan untuk menangani nyamuk. Mulai dari anti nyamuk bakar, seoprot, oles dan listrik. Berbagai macam produk ini tentu mempunyai kelebihan dan kekuranggan tersendiri. Untuk itu kami mencoba mengulasnya satu- persatu seperti berikut.

Anti Nyamuk Bakar

image

Sesuai namanya, anti nyamuk bakar adalah anti nyamuk yang cara penggunaannya dengan dibakar. Biasanya berbentuk batang panjang yang melingkar. Senjata andalan yang digunakan anti nyamuk bakar ini adalah asap. Ketika batangnya di bakar, dia akan mengeluarkan asap yang mengandung beberapa bahan aktif pengusir nyamuk. Kelebihan antinyamuk jenis ini adalah telah familiar sehingga mudah didapat dan mudah digunakan. Asap yang di keluarkannya bertahap seiring dengan terbakarnya batang sehingga cocok digunakan di ruangan yang berfentilasi terbuka. Penggunaannya cepat dan mampu melindungi dari serangan nyamuk -+ 8 jam samapi batang habis terbakar.

Kekurangan dari antinyamuk bakar adalah asap yang terus keluar sehingga bagi orang yang tidak begitu menyukai asap akan terganggu. Tidak cocok digunakan dalam ruangan berfentilasi minim/tertutup atau dengan menggunakan AC karena udara tidak dapat berganti yang justru akan meracuni tubuh. Peletakan anti nyamuknya harus baik, tepat dan jauh dari benda yang mudah terbakar karena cara kerjanya yang menggunakan nyala api akan dapat menyebabkan kebakaran

Anti Nyamuk Semprot

image

Anti nyamuk semprot merupakan anti nyamuk yang penggunaanya dengan cara di semprotkan ke ruangan. Bahan aktif yang keluar akan membuat nyamuk atau kecoa pingsan bahkan mati. Kelebihannya adalah mudah digunakan. Hanya dengan menyemprotkannya, semua nyamuk yang terkena akan kehilangan kemampuannya dan bahkan mati. Anti nyamuk jenis ini sangat cocok digunakan pada ruangan berfentilasi rendah bahkan tertutup dan ber-AC.

Kekurangan anti nyamuk semprot yaitu tidak cocok digunakan pada ruangan tebuka dan berfentilasi banyak. Hal ini karena anti nyamuk ini hanya bekerja beberapa saat setelah disemprotkan dan mengenai nyamuk. Nyamuk yang terkena akan mati, namun jika di gunakan dalam ruangan terbuka atau berfentilasi banyak maka beberapa saat setelah anti nyamuk bekerja dan habis terbawa angin atau jatuh, maka nyamuk dari luar akan masuk kembali. Selain itu, karena mengandung bahan aktif yang dapat membunuh nyamuk, tentunya juga berbahaya bagi tubuh. Maka, akan lebih baik membiarkan beberapa saat ruangan yang disemprotkan anti nyamuk sebelum digunakan beraktifitas atau tidur.

Anti Nyamuk Lotion

image

Karena jenisnya lotion maka cara penggunaannya pun adalah di oleskan ke bagian tubuh yang ingin dilindungi dari nyamuk. Bagian tubuh yang biasa diolesi adalah bagian tubuh yang biasanya tidak tertutup pakaian seperti kaki, tangan, leher dan wajah. Kelebihan anti nyamuk jenis ini adalah dapat digunakan di berbagai tempat atau ruangan. Hal ini karena sifatnya yang menempel dengan tubuh sehingga dapat terus melindungi dari gigitan nyamuk. Kelebihan lainnya adalah aroma yang wangi dan cukup nyaman digunakan.

Kekurangan anti nyamuk lotion adalah bagi orang yang mempunyai iritasi kulit dan alergi maka akan sangat berbahanya bila digunakan. Beberapa lotion akan menimbulkan rasa panas pada lipatan siku tangan bagian dalam dan lipatan siku kaki sehingga mengurangi kenyaman. Kemudian lotion yang menempel pada kulit dapat berpindah ke makanan yang jika dimakan dapat menyebabkan keracunan. Sehingga akan lebih baik untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memakan makan.

Anti Nyamuk Elektrik

image

Anti nyamuk elektrik membutuhkan arus listrik untuk menggunakannya. Beberapa jenis anti nyamuk elektrik bekerja seperti anti nyamuk bakar yaitu dengan menggunakan bantuan listrik untuk membuat bahan anti nyamuk menjadi udara yang akan mengusir nyamuk. Bahan anti nyamuk elektrik ada yang berbentuk lempengan padat maupun cairan. Bahan ini natinya akan diolah menggunakan mesin elektrik menjadi udara. Kelebihan dari anti nyamuk jenis ini adalah asap yang di timbulkannya tidak begitu banyak sehingga cukup nyaman digunakan. Kemudian karena bekerja seperti anti nyamuk bakar, sehingga dapat digunakan di ruangan berfentilasi minim hingga besar.

Kekurangan dari anti nyamuk elektrik adalah membutuhkan listrik untuk mengggunakannya. Karena mengandung muatan listrik harus tepat penempatannya sehingga tidak digunakan untuk mainan anak. Selain itu bahan aktif yang ada pada anti nyamuk cukup berbahaya sehingga akan lebih baik jika berhati-hati menggunakannya.

Kesimpulan
Bijak menggunakan anti nyamuk merupakan solusi terbaik agar tepat dalam melindungi keluarga dari nyamuk. Tentu kita tidak akan menghadapkan bahanya untuk keluarga kita hanya karena fanatik terhadap produk tertentu. Tidak ada salahnya mencoba berbagai macam produk sampai kita menemukan produk mana yang tepat untuk kita dan keluarga. Memahami kelebihan dan kekurangan akan sangat membantu untuk menemukan anti nyamuk yang sesuai dengan tempat yang kita gunakan.

5 respons untuk ‘BIJAK MEMILIH ANTI NYAMUK

Tinggalkan komentar