​PELINDUNG BUMPER BELAKANG XENIA “TAK SEKEDAR PEMANIS”

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melindungi kendaraan dari benturan yang tidak di inginkan. Salah satunya yaitu dengan memasang pengaman tambahan. Selain berguna untuk melindungi body mobil dari benturan, aksesoris ini juga mampu membuat tampilan kendaraan menjadi lebih berwarna.

Inilah yang menjadi dasar bagi kami untuk memasang pelindung bumper belakang pada mobil Xenia LI lansiran 2011. Meski kendaraan ini adalah mobil bekas, namun ini adalah mobil pertama bagi kami sehingga tentu hal tersendiri untuknya. Selain itu, kami yang masih awam dan masih dalam tahap belajar dalam mengendarai mobil, pasti sering melakukan kesalahan sehingga perlu perlindungan kusus agar body mobil lebih awet. Pemasangan bumper pada sisi belakang dipilih karena urgensinya dan dirasa lebih rawan terkena benturan dibandingkan pada sisi depan.

Akhirnya setelah beberapa kali mencari informasi tentang pelindung bumper belakang, kami memilih pelindung bumper berbahan stainles model gantung. Dana yang kami keluarkan adalah Rp. 350.000 untuk satu setnya + jasa pasang. Model ini dipilih karena membuat mobil lebih terlihat kekar sekaligus dirasa cukup kuat untuk menahan benturan dari belakang. Meski demikian, model ini cukup menambah panjang kendaraan sehingga untuk yang memiliki garasi pas-pasan akan cukup memakan tempat.

Pemasangan pada mobil Xenia LI kami terbilang cukup sulit. Hal ini dikarenakan pemilik sebelumnya memasang pelindung bumper model tempel yang di letakkan diatas sensor parkir. Hal ini membuat sensor parkir dipasang sedikit kebawah sehingga pemasangan pelindung bumper harus sedikit kebawah agar tidak mengganggu kerja sensor parkir. Dan dengan tangan berpengalaman mekanik, akhirnya pelindung dapat terpasang dengan baik tanpa mengganggu kerja sensor parkir.

Sejatinya pemasangan bumper belakang pada Xenia bagi kami bukan hanya karena takut menabrak waktu memundurkan kendaraan, tetapi lebih jika terjadi tabrakan dari belakang. Ketika mundur kita akan di bantu oleh sensor parkir yang akan memberitahu jika ada benda di belakang. Namun jika di tabrak dari belakang tentu tak ada yang memberitahu terlebih dahulu. Sehingga dirasa cukup penting untuk memasang pengaman di kendaraan bagian belakang terlebih dahulu.

Bumper pada kebanyakan mobil seperti Xenia-Avanza terbuat dari serat karbon yang jika di tabrak oleh kendaraan lain bahkan sepeda motor sekalipun akan mudah penyok bahkan pecah. Jika dihitung, maka ketika terjadi penyok dan goresan untuk memperbaikinya di tukang ketok majic membutuhkan dana sekitar Rp. 200.000 lebih tergantung seberapa parah goresan dan penyoknya. Nah bagaimana jika terjadinya lebih dari sekali. Tentu hal ini tidak kita inginkan bukan.

Memasang pelindung pada kendaran memang bukan sebuah keharusan. Namun lebih kepada sebuah pilihan bagi kita. Jika ingin memasang pelindung bumper baik depan maupun belakang tak ada salahnya untuk melihat terlebih dahulu kebutuhan dan dana yang ada. Akan lebih baik jika terlebih dahulu berkonsultasi dan mencari informasi agar tidak sekedar membeli barang yang tak terpakai. Dan tentunya setelah terpasang akan merubah tampilan mobil yang lebih menarik sekaligus menambah keamanan pula.

Satu respons untuk “​PELINDUNG BUMPER BELAKANG XENIA “TAK SEKEDAR PEMANIS”

Tinggalkan komentar