​Test Kecepatan Internet Telkomsel 3G VS 4G

Banyak rumor yang beredar di masyarakat kususnya daerah Purworejo – Jawa Tengah yang mengatakan, kecepatan internet Telkomsel 3G lebih baik dari pada 4G-nya. Tentu rumor itu bukan tanpa alasan karena pengguna internet Telkomsel yang kebanyakan anak SMA maupun kuliahan merasakan hal itu. Mungkin ketika melakukan browsing melalui handphone tidak banyak perbedaan yang terlihat. Namun ketika melakukan download barulah terasa perbedaan antara jaringan 4G dan 3G milik Telkomsel.

Dari rumor yang berkembang diantara pelajar dan mahasiswa itu, kami melakukan test untuk mengetahui benarkah kecepatan internet Telkomsel 3G lebih baik dari 4G-nya di Purworejo. Kami melakukan test di daerah Bubutan, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo. Meskipun wilayah pedesaan, tapi sinyal 4G maupun 3G Telkomsel telah stabil. Dan berikut beberapa alat yang digunakan untuk melakukan test itu.

Pengujian dilakuan dengan bantuan handphone Xiaomi Redmi 4x versi ram 3/32 yang telah ditanamkan aplikasi Ookla Speedtest. Kapasitas baterai pada saat pengetessan dibuat agar berada di atas 50%, karena pada kapasitas tersebut handphone mampu bekerja maksimal. Kami juga tidak mematikan beberapa aplikasi seperti BBM dan Whatsapp sehingga terlihat selayaknya penggunaan sehari-hari. Kemampuan dual SIM tidak dimatikan yang artinya kartu SIM 1 tetap diisi dengan kartu Indosat Ooredoo dengan kemampuan sebatas menerima telephone dan SMS saja.

Paket internet dalam pengujian ini adalah paket Telkomsel Discovery Plus 30GB seharga 70 ribu. Nah karena dilakukan pada sore hari, maka jenis kuota data yang digunakan adalah kuota Local Data 3G dan kuota Local Data 4G. 

Untuk setting aplikasi Ookla Speedtest, kami sengaja memilih server di Jakarta. Sedangkan server peneyelenggara test, kami mengambil server yang diselenggarakan oleh IndonesiaCloud. Pemilihan server didasarkan agar terdapat kesamarataan yang mana penyelenggara adalah pihak ke-3 bukan server milik Telkomsel sehingga hasilnya lebih nyata. 

Pengetessan dilakukan dua kali, dimana pada pengetessan pertama dilakukan pukul 15.30 sampai pukul 16.30, dan pengetesan kedua dilakukan pukul 18.30 sampai pukul 19.30. Masing-masing pengetessan dilakukan sebanyak 5 kali pada masing-masing jaringan secara beruntun. Jarak pengetessan antara jaringan 3G ke jaringan 4G maupun sebaliknya kurang lebih 5 menit. Jarak waktu pengetessan ini dimungkinkan karena menunggu perpindahan jaringan agar setabil sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Test Pertama

Hasil Test Jaringan 3G
Hasil Test Jaringan 4G

Pada pengetessan pertama, dimulai dari jaringan 3G terlebih dahulu sebanyak 5 kali. Setelah itu jaringan diubah ke 4G hingga sinyal internet menyambung sempurna dan stabil. Pengetessan pada jaringan 4G juga dilakukan sebanyak 5 kali.

Dari test pertama ini, terlihat bahwa kecepatan rata-rata Telkomsel di jaringan 3G untuk download mencapai 3,46 Mbps dan uploadnya sebesar 0,69 Mbps. Sedangkan untuk jaringan 4G, kecepatan rata-rata download mencapai 1,93 Mbps dan upload di 1,17 Mbps. 

Test Kedua

Hasil Test ke 2 Jaringan 4G
Hasil Test ke 2 Jaringan 3G

Pada pengetessan kedua, dimulai dari jaringan 4G terlebih dahulu sebanyak 5 kali. Setelah itu jaringan diubah ke 3G hingga sinyal internet menyambung sempurna dan stabil. Pengetessan yang dilakukan pada jaringan 3G juga sebanyak 5 kali.

Dari data pengetessan ke dua, diketahui kecepatan download Telkomsel di jaringan 4G mencapai 2,65 Mbps sedang uploadnya sebesar 2,55 Mbps. Kemudian dijaringan 3G, kecepatan downloadnya berada di 2,83 Mbps dan unploadnya di 2,44 Mbps. 

Dari data pertama, terlihat sangat mencolok perbedaan antara kecepatan rata-rata download jaringan 3G yaitu 3.46 Mbps dengan 4G yang berada di 1,93 Mbps. Perbedaan ini menunjukkan jika benar jaringan 3G lebih baik dari 4G nya. Sedangkan di pengujian kedua tidak terlihat perbedaan yang mencolok kecepatan download pada jaringan 3G (2,83 Mbps) dan 4G (2,65 Mbps). Namun tetap saja pada pengujian kedua kecepatan download jaringan 3G lebih baik dari pada 4G-nya.

Hal berbeda terlihat di kecepatan uploadnya. Baik pada pengujian pertama dan pengujian kedua, kecepatan upload Telkomsel di jaringan 4G lebih baik dari 3G. Pada pengujian pertama kecepatan upload 4G berada di 1,17 Mbps sedang 3G di 0,69 Mbps. Kemudian pada pengujian kedua, kecepatan upload 4G berada di 2,55 Mbps sedang 3G di 2,43 Mbps.

Jaringan 4G Lebih Mudah Didapatkan

Dalam pengujian ini kami mendapati fakta baru bahwa jaringan 4G Telkomsel lebih stabil dibandingkan jaringan 3G –nya. Bahkan beberapa kali kami harus melakukan trik khusus untuk mendapatkan sinyal 3G yang stabil. Pemindahan dari jaringan 3G ke 4G dapat dilakukan dengan mudah, tetapi dari 4G ke 3G adalah yang lebih susah. Setting pemindahan jaringan dari 4G ke 3G tidak serta-merta melalui opsi “Tipe Jaringan Prioritas”. Karena ketika melakukan itu, kami tidak mendapatkan jaringan 3G yang optimal. Tetapi kami menggunakan trik khusus yaitu dengan memaksa sinyal 4G pada batas terendah sehingga berganti ke 3G. Handphone di letakkan pada tempat yang sinyal 4G-nya buruk, dan setelah sinyal 4G hilang yang berganti dengan 3G baru kami dapat melakukan pengetessan dengan baik.

Kesimpulan 

Dari data yang terkumpul, dapat ditarik kesimpulan bahwa kecepatan download di jaringan 3G Telkomsel lebih baik dari pada kecepatan download 4G Telkomsel. Sedangkan kecepatan upload 4G Telkomsel lebih baik dari kecepatan upload 3G Telkomsel. Hasil pengukuran ini sesuai dengan rumor yang berkembang di masyarakat bahwa kecepatan 3G Telkomsel lebih baik dari 4G-nya. Kami sendiri juga merasakan hal yang sama ketika melakukan proses download di jaringan 3G, kami merasa lebih cepat selesai dibandingkan dijaringan 4G. Entah perbedaan kecepatan ini adalah karena mengakomodir pengguna 3G yang masih banyak atau strategi tertentu dari Telkomsel sendiri. Tetapi jika ini hanya sebuah strategi saja maka Telkomsel harus mengkoreksinya lagi. Hal ini karena keunggulan 4G adalah di kecepatan datanya yang tinggi, sehingga bila Telkomsel membiarkan kecepatan 4G-nya lebih rendah atau sama dengan 3G maka tidak ada alasan untuk menggunakan jaringan 4G Telkomsel. Tentu data ini berdasarkan pengujian di tempat kami yaitu di desa Bubutan, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo. Dan data hasil pengukuran ini dapat berubah tergantung tempat maupun waktu pengujiannya. Namun kami masih berharap bisa mendapatkan kecepatan 4G Telkomsel yang sebenarnya 4G.

Tinggalkan komentar