​Review LOYAL LY-922SK “Solusi Colokan Gepeng Kaki Dua dan Tiga”

Ketika membeli barang elektronik kadang kita mendapati alat penghubung daya yang berbeda dari biasanya. Bisa berupa bentuk gepeng berkaki dua atau juga kaki tiga. Misalnya seperti laptop atau handphone yang kebanyakan di impor langsung dari luar negeri. Penghubung daya atau banyak orang menyebutnya dengan colokan ini tentunya tidak cocok dengan sebagian besar stop kontak di rumah kita. 

Sebenarnya, tidak salah juga ketika anda membeli produk dengan colokan berbentuk gepeng berkaki dua atau berkaki tiga. Hal ini karena memang ditempat asalnya sana standar untuk penghubung daya memang berbentuk gepeng berkaki dua atau berkaki tiga. Meskipun demikian, tentu saja ketidak kompetibelnya penghubung daya dengan stop kontak ini cukup merepotkan. Apalagi kebanyakan stop kontak untuk satandar Indonesia adalah berbentuk bulat dan berkaki dua.

Jika colokan penghubung daya yang anda punya berbentuk gepeng dan berkaki dua maka sebenarnya banyak stop kontak kompetable dengannya. Rata-rata stop kontak itu memiliki bentuk lubang setengah lingkaran dengan pangkalnya berbentuk persegi panjang. Lubang berbentuk persegi panjang inilah tempat masukknya colokan berbentuk gepeng. Sehingga stop kontak jenis ini biasanya dapat digunakan untuk colokan atau steker berbentuk bulat maupun gepeng dengan kaki dua.

Bagaimana dengan steker atau colokan berkaki tiga?

Ada banyak konverter dipasaran yang dapat dipilih untuk steker atau colokan berkaki tiga. Salah satunya yang kami review ini yaitu Loyal LY-922SK. Kami membeli Loyal LY-922SK seharga Rp. 13.000 di toko elektronik yang berada di Purworejo. Harga ini pastinya dapat berbeda di tiap tempat dan waktu yang berbeda pula.

Disain

Sekali pandang kita akan sadar bahwa Loyal LY-922SK adalah steker atau colokan listrik. Bentuknya yang familiar dengan alat elektronik membuat kita mudah mengenalinya. Ketika digenggam beratnya pun terasa mantap dan pas. Dia memiliki dua kaki berbentuk tabung – lingkaran yang pastinya pas dengan stop kontak di Indonesia. Dibagian atas, disematkan sebuah saklar berlampu sebagai pemutus arus sekaligus penanda bahwa Loyal LY-922SK dalam keadaan on atau off. Kemudian disisi lain terdapat tiga buah lubang berukuran besar dan dua lubang berbentuk lingkaran berukuran kecil. Nah, ketiga lubang yang berbentuk besar inilah sebagai tempat penghubung daya steker gepeng baik itu untuk kaki dua maupun kaki tiga.

Bentuk Loyal LY-922SK cukup besar. Bahkan bila dibandingkan dengan kebanyakan kepala carjer hanphone maka dia terlihat lebih besar. Tentu saja bodynya yang besar ini karena mengakomodir beberapa fitur yang dia bawa, seperti saklar on/off dan terminal kuningan. Tapi bagi sebagian orang yang tidak menyukai bentuk yang besar, suka dengan hal atau benda yang ringkas apalagi fungsinya yang hanya sebagai konverter yang digunakan sesekali di luar rumah pasti tidak akan menyukainya.

Kinerja

Dari spesifikasinya, Loyal LY-922SK mampu menghantarkan arus listrik sampai 10A dengan tegangan 250V. Kemampuannya ini didukung dengan sertifikat SNI yang dibawanya. Dia juga dilengkapi dengan terminal dan pen yang terbuat dari kuningan. Kami sendiri kurang paham tentang terminal dan pen dari kuningan ini, tapi mungkin saja penggunaan kuningan ini membawa dampak positif pada arus listrik yang mengalir.

Ketika dihubungkan dengan kepala carjer Xiaomi Redmi 4x yang berbentuk gepeng, Loyal LY-922SK dapat menerima dengan pas. Meskipun carjer Xiaomi Redmi 4x hanya memiliki kaki dua, tetapi dengan mantap yang seakan-akan terkunci di tubuh Loyal LY-922SK sehingga gerakannya terbatasi. Menurut kami, ini adalah hal yang positif karena arus yang mengalir bisa berjalan dengan lancar. Fungsi dari saklarnya pun berjalan dengan optimal. Saklar ini sangat membantu untuk menjaga produk elektronik seperti handphone maupun laptop dari arus yang tidak stabil ketika belum pas memasukkan colokan kedalam lubangnya. Sebagai catatan Xiaomi Redmi 4x yang kami gunakan untuk review ini adalah garansi distributor yang langsung di Impor dari negeri Cina. Jika anda memiliki Xiaomi Redmi 4x garansi resmi dari TAM maka di pastikan kepala carjernya berbentuk tabung-lingkaran.

Sayangnya kami belum dapat mencoba kemampuan menerima steker berkaki tiga di Loyal LY-922SK. Hal ini karena keterbatasan alat elektronik yang kami miliki sehingga hanya mampu menggunakannya di carjer kaki dua Xiaomi Redmi 4x saja. Namun kami yakin, Loyal LY-922SK tetap mampu menerima streker berkaki tiga dengan baik juga.

Nilai Lebih

Sebenarnya kepala carjer Xiaomi Redmi 4x dengan dua kaki gepeng tidak begitu sulit menemukan stop kontak yang kompetable dengannya. Tercatat, dirumah kami terdapat dua stop kontak hybrid yang mampu menampung colokan model tabung-bulat dan gepeng sekaligus. Tapi penggunaan carjer yang cukup intens untuk menjaga daya tahan baterai handphone,tentu tidak mungkin hanya di rumah saja. Kadang kita membutuhkan pengisian daya ketika berada ditempat kerja atau ditempat lain yang pastinya belum tentu ada stop kontak yang pas dengan steker atau colokan berbentuk gepeng ini. Sehingga Loyal LY-922SK bisa menjadi alternatif untuk kita sebagai konverter penghubung carjer dan stop kontak dimanapun berada. 

Kesimpulan

Loyal LY-922SK menurut kami memang dibuat untuk anda yang membutuhkan konverter steker gepeng dengan kaki dua maupun tiga. Dia memiliki spesifikasi standar kelistrikan yang tinggi. Arus listrik dapat berjalan dengan lancar dan mampu bekerja optimal. Namun jika anda hanya sekedar membutuhkan konverter gepeng berkaki dua biasa yang hanya digunakan sesekali ketika kegiatan diluar rumah dan tidak suka dengan bentuknya besar maka mungkin Loyal LY-922SK bukan pilihan yang tepat.

Tinggalkan komentar