Test Kecepatan Internet Indosat Ooredoo 4G “Kecepatan Barang Baru”

Diartikel-artikel sebelumnya kami telah sering membandingkan kecepatan internet dari dua provider penyedia layanan telekomunikasi. Namun diartikel ini kami hanya akan membahas kecepatan internet dari satu provaider saja yaitu Indosat Ooredoo 4G. Dulu kami pernah melakukan pengetessan kecepatan internet Indosat Ooredoo 4G bahkan pernah kami lakukan perbandingan dengan Telkomsel 4G. Namun itu ketika sinyal Indosat Ooredoo 4G masih baru menjangkau di sekitaran kabupaten/kota. Sekarang jaringan Indosat Ooredoo 4G sudah cukup luas menjangkau hingga sampai kecamatan. Sehingga kami berinisiatif untuk melakukan pengetesan sekaligus memberikan reviewnya mengenai kecepatan internet Indosat Ooredoo 4G di daerah pedesaan yang tentusaja baru mendapatkan jangkauan sinyal 4G dari Indosat ini.

Test kali ini pengujian dilakukan didesa Sumbersari, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo disekitaran SDN Pengalasan. Sinyal 4G diluar ruangan terpantau stabil dengan rata-rata 3-4 bar. Namun jika masuk keruangan sinyal 4G dari Indosat Ooredoo tidak begitu stabil dan rata-rata berada pada 1-2 bar saja.

Meskipun Xiaomi Redmi 4x dapat memuat dua kartu SIM, namun karena pengujian ini hanya menggunakan satu jenis jaringan yaitu Indosat Ooredoo 4G maka hanya digunakan satu slot saja yaitu di slot 1. Pengujian dilakukan sebanyak 5 kali menggunakan aplikasi Ookla Speedtest. Kami sengaja tidak mematikan aplikasi BBM dan Whatsapp yang tetap berjalan di belakang pada waktu pengujian. Hal ini agar memperlihatkan kecepatan internet sebagaimana ketika penggunaan harian. 

Pengujian

Data Hasil Pengujian

 

Keceptan rata-rata download Indosat Ooredoo di jaringan 4G berada di sekitar 16,70 Mbps. Kecepatan ini berbanding terbalik dengan upload yang hanya mencatatkan kecepatan rata-rata 2,39 Mbps. Sedangkan kecepatan ping didapat waktu rata-rata 91,6. Kami menilai bahwa kecepatan download internet Indosat Ooredoo di jaringan 4G yang sangat baik ini mungkin karena masih barunya jaringan 4G dari Indosat. Jaringan 4G yang masih baru tentu berbanding lurus dengan penggunanya yang masih belum banyak juga. Sehingga beban dari Indosat Ooredoo di jaringan 4G masih sedikit yang membuat kecepatan internet bisa maksimal.

Kesimpulan

Dari pengujian yang telah dilakukan, kami merasa benar-benar terkesima dengan kecepatan download internet Indosat Ooredoo di jaringan 4G. Kecepatan rata-rata download yang menembus angka 16,70 Mbps tentu akan membuat kesenangan tersendiri ketika melakukan aktivitas internet. Dengan kecepatan sebesar itu tentu tidak akan ditemui kendala ketika melakukan streaming video maupun memainkan game online. Namun tentu masih kami temui celah yang membuat kesenangan berinternet menjadi berkurang. Sinyal 4G dari Indosat Ooredoo yang tidak stabil menjadi salah satu penyebabnya. Kami beberapa kali mengalami download yang putus ditengah jalan gara-gara sinyal 4G yang tiba-tiba menghilang. Tentu kita tidak ingin ketika menikmati streaming harus tiba-tiba terhenti akibat sinyal yang menghilang. Belum lagi gelombang orang yang beralih kejaringan 4G dari Indosat Ooredoo ini pastinya nanti akan sangat membebani. Namun jika Indosat Ooredoo mampu memperbaiki jaringan 4G menjadi lebih stabil dan siap dengan migrasi ke jaringan 4G dengan tetap mempertahankan kecepatan yang baik, dapat dipastikan Indosat Ooredoo akan merebut hati para pengguna internet di wilayah pedesaan ini.

Tinggalkan komentar