VLOG SOAL TEST TERTULIS PENILAIAN HARIAN TEMATIK

soal

Dikesempatan kali ini kami akan membahas tentang Soal test tertulis untuk Penilaian  Harian pembelajaran Tematik siswa SD Kelas 4. Test tertulis Penilaian Harian (PH) ini tentu erat kaitannya dengan pengambilan nilai pengetahuan. Jadi seperti yang kita ketahui semua, di Kurikulum 2013 penilaian yang dilakukan mencangkup 4 aspek yaitu spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Nah untuk test tertulis PH sendiri itu lebih menjerumus pada pengambilan nilai pengetahuan.

Ada berbagai versi untuk pengambilan nilai pengetahuan. Versi yang pertama menyatakan bahwa pengambilan nilai pengetahuan dapat dilakukan pada setiap akhir tema melalui test tertulis. Diversi yang lain ada yang mengatakan bahwa pengambila nilai sebaiknya dilakukan disetiap subtema.
Tentu ada kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Pengambilan nilai pengetahuan yang dilakukan setiap akhir tema memiliki kelebihan tentang soal yang di perlukan tidak perlu banyak. Selain itu dengan test yang dilakukan setiap akhir tema maka akan sedikit banyak mengurangi waktu terbuang akibat test yang dilakukan. Nah sebaliknya, pengambilan nilai yang dilakukan setiap subtema artinya guru akan lebih banyak membutuhkan soal karena setiap akhir subtema harus melakukan ulangan. Dan sebagaimana di ketahui bahwa ddidalam pembelajaran Tematik, untuk setiap temanya terdiri dari 4 (empat) subtema. Sehingga di pastikan jika mengambil nilai setiap akhir subtema maka akan memerlukan waktu dan juga soal test yang lebih banyak bila dibandingkan dengan pengambilan nilai di akhir tema.

Namun, pengambilan nilai yang dilakukan setiap akhir subtema juga memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah materi yang di ujikan tidak terlalu luas. Ini karena yang diujikan hanya satu subtema saja yang biasanya terdiri dari 6 kali pembelajaran. Hal ini sangat berbeda dengan pengambilan nilai di tiap akhir tema dimana karena dalam setiap tema mengandung 4 subtema maka materi test juga akan semakin banyak. Dan akrena materi yang diujikan banyak maka beban siswa juga semakin besar, yang tentunya akan bermuara pada hasil testnya nanti. Nah ini juga yang menjadi alasan kami memilih untuk mengambil penilaian di setiap subtemanya.

Sebenarnya untuk membuat soal test PH tidaklah sulit. Langkah yang pertama di ambil adalah memetakan seberapa banyak soal yang ingin diberikan. Semakin banyak jumlah soalnya tentu akan semakin baik karena indikator yang di ujikan juga semakin banyak sehingga akan memberikan gambaran kemampuan anak yang sebenarnya. Setelah menentukan jumlah soal langkah selanjutnya kita harus memetakan banyaknya jumlah soal untuk setiap muatan pelajaran. Untuk langkah pemetaan sendiri dapat digunakan rumus yang berpatokan pada pembagian jam pembelajaran dimana untuk total jumlah jam pembelajarannya setiap minggu adalah 22 jam. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah.

Jumlah jam

Rumus Jumlah soal

Pada rumus diatas, 40 merupakan jumlah total untuk semua muatan pembelajaran. Jumlah soal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dari rumus diatas, akan di dapatkan jumlah soal untuk masing-masing muatan pembelajaran. Nah karena soal yang di buat ini berjenis campuran (pilihan ganda, isian, dan uraian) maka kita bagi lagi menjadi 3 bagian seperti dibawah ini.

Penyebaran soal

Nah setelah di ketemukan jumlah untuk masing-masing bagian pada soal, langkah selanjutnya adalah tinggal membuat pemetaan dalam penomoran soal. Langkah ini adalah langkah untuk mempermudah dalam memberikan nomor sesuai penyebaran soal tadi.

Komposisi

Setelah proses diatas dilakukan, kita tinggal membuat soalnya. Tentu sebagai seorang guru adalah hal yang biasa dalam membuat soal. Nah langkah-langkah diatas dilakukan untuk menentukan seperti apa jumlah soal, pembagiannya, dan tentu nomornya. Untuk soalnya sendiri tentu selain diambil dari materi yang biasa digunakan juga disesuaikan dengan keadaan siswa. Jadi menurut kami soal test yang original dibuat guru lebih memiliki harga dari pada sekedar mencari soal di internet.

Kami sertakan sebuah contoh soal test tertulis Penilaian harian beserta penyebaran soalnya. Dan bila berkenan, anda juga bisa melihat vlog tentang pembuatan dan review soal ini. Demikian dan terimakasih

Link : Contoh Soal Test Tertulis Penilaian Harian Kelas 4 Tema 6 Subtema 1

Link : Penyebaran Soal

Video :

7 respons untuk ‘VLOG SOAL TEST TERTULIS PENILAIAN HARIAN TEMATIK

Tinggalkan komentar